Selasa, 26 Januari 2010

Taman kanak-kanak


Kenapa pendidikan taman kanak-kanak mahal dan sangat mahal, bagi kami orang tua yang dulunya ngga pernah sekolah taman kanak-kanak kaya'nya benar-benar mahal. Kenapa mahal, bisakah biayanya di tekan? pertanyaan-pertanyaan tersebut sering datang menghampiri. Tapi jawaban tak pernah kunjung datang.

Tiba-tiba saya mendapat ide, kenapa saya ngga bikin TK sendiri saja. kebetulan saya punya rumah yang luasnya 200 meter dan bangunan cukup reperesentatif untuk di jadikan TK. TK seperti apa yang mau saya bikin, sepertinya TK yang tidak semahal yang telah ada. Namun apakah nanti saya juga tidak terjebak nafsu mengumpulan profit. Ini yang masih dalam benak saya juga. Bisakah saya mengesampingkan memperoleh profit?

Rencananya TK ini tidak akan memungut uang gedung atau uang pangkal yang seringkali memberatkan para orang tua, mungkin di ganti dengan sumbangan seikhlasnya saja. Lalu darimana saya bisa menggaji guru-guru? Guru-guru TK saya tidak akan menggajinya kecuali uang transport saja. Apa mereka mau? Gurunya saya akan ambil dari para orang tua murid yang telah berpendidikan minimal diploma untuk menjadi pengajar sukarela. bisakah? termasuk saya dan istri saya akan bergantian menjadi pengajar.

Berarti sosialkah ini? Berarti ini adalah bisnis sosial. yah bisnis sosial. Cari donatur kah? atau bagaimana. saya lagi memikirkan polanya. Apakah anda memiliki ide yang bisa membantu mengelola TK ini suapaya bisa berjalan dengan baik?

sekolah dijual : http://hangtuahbatam.wordpress.com/2007/12/09/jual-sekolah-hang-tuah/

1 komentar:

  1. mungkin lebih baik subsidi silang.
    jadi Bapak lihat kemampuan orangtuanya kira-kira bisa berapa untuk uang pangkal & SPP-nya.
    kalau benar-benar tidak mampu baru bisa gratis.
    karena kalau semua dapat gratis,malah bisa jadi siswa (orang tua) menyepelekan, jadi kurang disiplin karena tidak ada pengorbanan.
    Untuk pengajar juga sebaiknya dibayar selayaknya sehingga pengajar akan melakukan tugasnya dengan maksimal.
    Jika bapak membutuhkan peralatan TK, tetangga saya ada yang jual lengkap.Karena Bapak sudah punya lokasi,jadi tinggal cari guru/pengajar.
    detilnya bisa dilihat di : risarahayu.wordpress.com atau hubungi saya di 081383200175 / 081906095675.
    Lokasi Pondok Aren, Tangerang (dekat kampus STAN).
    terima kasih.

    BalasHapus